Powered By Blogger

Jumat, 11 November 2011

SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN

SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN                                    
Sistem adalah  satu kesatuan yang sangat terkait,tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.
Komponen2 dunia pendidikan :
-        Tenaga pendidik
-        Siswa
-        Sarana
-        Management
-        Kurikulum
-        Biaya
-        Jadwal pelajaran
-        RPP

Evaluasi adalah seperangkat kegiatan yang dimaksudkan untuk mengukur ketercapaian tujuan pendidikan yang telah dirancang secara seksama dalam kurikulum.

Hakekat evaluasi hasil belajar adalah suatu perangkat kegiatan atau alat untuk mengukur ketercapaian pengajaran.Evaluasi bagian dari pengajaran dan pengajaran  bagian dari pendidikan .
Pendidikan yaitu tuntunan di dalam hidup dan tumbuhnya anak2 artinya menuntun segala kodrat yang ada pada anak didik agar menjadi manusia dan anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
Pengajaran adalah pendidikan dengan cara2 memberikan ilmu atau pengetahuan serta memberikan kecakapan kepada anak2.

                                                                                                    
Benyamin S Bloem :
Kognitif       ® otak
Apektif        ® hati
Psikomotor ® indera
Evaluasi sangat erat hubungannya dengan RPP
Evaluasi bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelajaran atau materi yang diberikan guru dapat ditangkap oleh murid.Mengukur sesuatu harus menggunakan alat ukur,artinya untuk mengukur keberhasilan.
Evaluasi berfungsi :
1.      Alat ukur
2.      Pengukuran
3.      Penilaian
4.     Asesmen kinerja

Tujuan evaluasi adalah untuk mengukur tinggi rendahnya penguasaan anak didik terhadap pelajaran yang telah diberikan.

Macam2 alat ukur :
1.      TPB (tes prestasi belajar )adalah alat ukur yang mampu menentukan kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.Apakah dapat dikuasai semua materi yang diberikan,atau belum.
2.      THB (tes hasil belajar )adalah alat ukur untuk menentukan kemampuan pesrta didik,setelah mengikuti pembelajaran.Materi yang diberikan,tidak hanya yang diberikan oleh guru,tetapi hal2 diluar yang diberikan tetapi sangat berhubungan.
3.      Tes Seleksi/penempatan adalah alat ukur yang digunakan untuk memilih peminat sesuai dengan sifat,program pekerjaan yang dimasuki,materinya sangat erat hubungannya dengan bidang program yang khusus.
4.     Tes Formatif adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui apakah tingkat penguasaan peserta didik sudah cukup menguasai materi atau belum.
5.      Tes Sumatif adalah tes untuk mengetahui sejauh mana taraf serap peserta didik atas bahan yang diajarkan selama ini.
6.     Tes Diagnostik adalah alat untuk mengukur factor penyebab peserta didik sukar menguasai pembelajaran tertentu
7.     Tes awal adalah tes yang diberikan sebelum pelajaran dimulai

Kelemahan-kelemahan Tes sebagai alat ukur :
1        Hampir semua tes hanya dapat mengukur hasil belajar yang mencakup kognitif dan psikomotor
2        Hasil tes sering disalahgunakan artinya bahwa hasil tes sering dianggap merupakan sesuatu hasil yang mutlak dan tidak bisa diganggu gugat bahwa itu merupakan hasil kemampuan siswa.
3        Dalam proses pelaksanaannya kadang-kadang timbul kecemasan

Dasar-dasar penyusunan tes
1           Tes harus dapat mengukur hasil belajar yang diperoleh setelah proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
2          Butir tes harus disusun sedemikian rupa sehingga mewakili kesuluruhan materi pelajaran
3          Perangkat tes hasil belajar hendaknya mengukur keseluruhan aspek kompetensi atau aspek ranah(apektif,kognitif,psikomotor) yang diharapkan
4           Hasil tes sebaiknya digunakan untuk mempertahankan proses belajar mengajar

Setelah memahami dasar penyusunan tes,harus memahami bentuk dan penulisan soal
*      Tes uraian adalah butir soal yang mengandung pertanyaan atau tugas yang jawabannya atau pengerjaannya dilakukan dengan cara mengekspresikan pikiran secara naratif yang mudah dimengerti.Ciri khasnya tidak disediakan kunci jawaban
*      Kelebihan tes uraian:
v  Dapat mengukur hasil belajar yang kompleks dari unsur yang sederhana sampai yang rumit
v Tes uraian menekankan pada pengukuran kemampuan dan keterampilan mengintegrasikan kepada sesuatu yang utuh sebagai buah pikiran dari sumber informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar